Perbandingan Bahan Kimia Koagulan: Keunggulan PAC dalam Proses Pengolahan Air

Keunggulan PAC dalam Proses Pengolahan Air : Pengolahan air merupakan salah satu proses yang penting untuk menghasilkan air bersih yang dapat digunakan untuk keperluan sehari-hari, seperti minum, mandi, dan mencuci. Salah satu proses dalam pengolahan air adalah koagulasi, yaitu proses pengendapan partikel-partikel tersuspensi dalam air dengan menggunakan bahan kimia koagulan.

Bahan kimia koagulan yang umum digunakan dalam proses pengolahan air adalah tawas (alum) dan poly aluminium chloride (PAC). Kedua bahan kimia ini memiliki karakteristik dan keunggulan masing-masing.

Tawas

Tawas adalah bahan kimia koagulan yang terbuat dari aluminium sulfat (Al2(SO4)3). Tawas memiliki sifat mudah larut dalam air, sehingga mudah digunakan. Tawas juga memiliki harga yang relatif murah.

Namun, tawas memiliki beberapa kelemahan, yaitu:
  • Proses koagulasi dengan tawas membutuhkan waktu yang lebih lama. Proses koagulasi adalah proses pengendapan partikel-partikel tersuspensi dalam air dengan menggunakan bahan kimia koagulan. Partikel-partikel tersuspensi tersebut biasanya terdiri dari partikel-partikel halus seperti tanah, lumpur, dan ganggang. Proses koagulasi dapat berlangsung dalam beberapa menit hingga beberapa jam, tergantung pada karakteristik air baku dan dosis koagulan yang digunakan.

Proses koagulasi dengan tawas membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan proses koagulasi dengan PAC. Hal ini disebabkan karena tawas memiliki daya ikat yang lebih rendah dibandingkan dengan PAC. Daya ikat adalah kemampuan suatu zat untuk mengikat partikel-partikel tersuspensi dalam air.

  • Tawas dapat menyebabkan korosi pada peralatan pengolahan air. Tawas merupakan bahan kimia yang bersifat asam. Asam dapat menyebabkan korosi pada peralatan pengolahan air yang terbuat dari logam, seperti baja dan besi.

  • Tawas dapat menurunkan pH air. Tawas dapat menurunkan pH air karena bersifat asam. pH air yang rendah dapat menyebabkan korosi pada peralatan pengolahan air dan juga dapat mengganggu kesehatan manusia.

Poly Aluminium Chloride (PAC)

PAC adalah bahan kimia koagulan yang terbuat dari polimer aluminium klorida. PAC memiliki sifat larut dalam air yang lebih lama dibandingkan tawas, sehingga dapat menghasilkan flok yang lebih cepat. Flok adalah gumpalan partikel-partikel tersuspensi dalam air yang terbentuk karena adanya proses koagulasi.

PAC juga memiliki daya ikat yang lebih tinggi dibandingkan tawas, sehingga dapat menurunkan kekeruhan air lebih efektif. Selain itu, PAC memiliki beberapa keunggulan lain, yaitu:

  • Proses koagulasi dengan PAC membutuhkan waktu yang lebih singkat. Proses koagulasi dengan PAC membutuhkan waktu yang lebih singkat dibandingkan dengan proses koagulasi dengan tawas. Hal ini disebabkan karena PAC memiliki daya ikat yang lebih tinggi, sehingga partikel-partikel tersuspensi dalam air dapat diikat lebih cepat.

  • PAC tidak menyebabkan korosi pada peralatan pengolahan air. PAC bersifat netral, sehingga tidak menyebabkan korosi pada peralatan pengolahan air.

  • PAC tidak menurunkan pH air. PAC bersifat netral, sehingga tidak menurunkan pH air.

Berdasarkan karakteristik dan keunggulan masing-masing, PAC memiliki keunggulan yang lebih baik dibandingkan tawas dalam proses pengolahan air. PAC dapat menghasilkan air yang lebih bersih dan berkualitas dengan waktu yang lebih singkat.

Contoh-contoh penggunaan PAC

PAC digunakan dalam berbagai proses pengolahan air, baik untuk pengolahan air bersih maupun pengolahan air limbah. Berikut adalah beberapa contoh penggunaan PAC:

  • Pengolahan air bersih

PAC digunakan untuk menurunkan kekeruhan, warna, dan rasa air baku. PAC juga digunakan untuk menghilangkan bau dan rasa dari air baku.

  • Pengolahan air limbah

PAC digunakan untuk menurunkan kandungan padatan tersuspensi (TSS), senyawa organik, dan logam berat dalam air limbah. PAC juga digunakan untuk menghilangkan warna dan bau dari air limbah.

  • Pengolahan air minum

PAC digunakan untuk menurunkan kekeruhan, warna, dan rasa air baku. PAC juga digunakan untuk menghilangkan bakteri dan virus dari air baku.

  • Pengolahan air kolam renang

PAC digunakan untuk menurunkan kekeruhan, warna, dan kandungan organik dalam air kolam renang. PAC juga digunakan untuk menghilangkan algae dari air kolam renang.

  • Pengolahan air irigasi

PAC digunakan untuk menurunkan kekeruhan, warna, dan kandungan organik dalam air irigasi. PAC juga digunakan untuk menghilangkan algae dari air irigasi.

PAC merupakan bahan kimia koagulan yang memiliki keunggulan yang lebih baik dibandingkan tawas dalam proses pengolahan air. PAC dapat menghasilkan air yang lebih bersih dan berkualitas dengan waktu yang lebih singkat.

Informasi Produk dan Pemesanan PAC Kunjungi website kami www.hikamabadi.com

One Comment

  1. Makasih infonya! Berita di sini selalu up to date dan relevan. Buat yang suka pendekin link, V.af recommended banget! Cek di V.af ya. Terima kasih lagi buat kontennya! 👍😊

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *